Minggu, 13 Maret 2011

Istana bayi

"Tempat belanja Online khusus produksi bayi”

Ini kalimat yag pertama kali yang terdapat pada halam home di sebuah situs belanja Online yang bergerak dalam penjualan peralatan bayi. Dari mulai yang terkecil higga yang tebesar, dari mulai yang murah hingga yang termahal, bahkan dari mulai mainan yang sederhana sampai mainan yang modern. Situs online ini juga bisa sebagai refrensi untuk user yang sedang mencari kado untuk teman, saudara ataupun tetangga. Sasaran dari situs online ini adalah orang orang tua yag memiliki bayi, dan orag yang berniat untuk mencari kado. Situs yang kita akan bahas dari sudut pandang IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) adalah www.istanabayi.com

Yang coba untuk di bahas adalah dari segi transactor, evaluator, dan customer. Untuk dari segi Browser sudah ada pada saat UTS. Untuk para pembaca blog ini pasti bingung dengan kata-kata transactor, evaluator,dan customer. Untuk lebih jelas bisa di buka refresi tentang hal-hal tersebut dari sumber yang lain. Intinya berhubungan dengan IMK.


Evaluator









Ini tampila awal pada saat membuka situs ini. Pada pembahasaan kali ini hanya sebatas evaluator. Pada situs ini jika di lihat dari sudut pandang evaluator ada yang harus di tambahkan. Evaluator adalah user yang masih belum punya tujuan, sehingga masih mencari situs-situs yang dapat memutuskan apa yang user inginkan. Sehingga harus ada fasilitas yang dapat user gunakan untuk membandingkan product yang satu dengan yang lain.

2. Pencarian

Pada penempatan pencarian harus yang mudah di akses user dan tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk mengaksesnya. Seharusnya diletakkan di atas dekat benner atau di kanan atas. Sehingga user dapat langsung menggunakannya. Jika di letakan di bawah, user harus menggunakan scroll bawah untuk mengakses pencarian, dan terlalu kecil untuk sebuah kotak pencarian.

2. 2. informasi yang jelas

Penyajian informasi untuk user harus jelas sehingga user dapat menentukan apa yang user inginkan. Jadi penempatan diskon atau potongan harga harus di temapat yang dapat di lihat oleh user petama kali situs ini di buka. Karena user lebih suka dengan potongan harga yang dapat menarik user untuk membeli.

3. Perbandingan produk

Harus ada fasilitas untuk membandigkan produk satu dengan yang lainnya, agar user dapat memilih produk mana yang akan di beli. Selain itu ada satu fasilitas lagi untuk rekomendasi barang apa yang cocok untuk melengkapi produk yang pertama telah di pilih.

Selain itu lebih baiknya lagi ada fasilitas produk apa yang pas pada even-even tertentu. Contoh untuk kado, pada saat lebaran hadiah untuk anak , cucu atau keponakan.

Transactor

User transactor adalah user yang sudah menentukan apa yang user ingin beli, dan situs yang di kunjungi harus bisa membatu user untuk menyelesaikan task nya. Agar transaksi nya menjadi mudah dan menyenangkan. Jangan sampai fasiltas yang di berikan malah membuat user berfikir 2 kali untuk membeli produk di situs yang sedang di kunjungi.

1. Permudah user dalam bertransaksi

Pada saat user sudah selesai memilih barang yang dia inginkan, beri fasilitas untuk langsung memsukan ke keranjang belanja. Pada situs istana bayi ini sudah tersedia, tetapi pada saat ingin transaksi lebih lanjut harus masuk sebagai member terlebih dahulu. Ada sebagian user yang malas untuk menjadi member, jadi berikan saja untuk memberikan informasi dalam bertransaksi yang jelas. Jadi tidak login juga tetap bisa berbelanja. Dan di akhir transaksi baru berikan pilihan apakan ingin menjadi member atau tidak.

2. Sediakan fasilitas untuk pembayaran

Inforasi untuk pembayaran harus lengkap dan user tidak bingung. Fasilitas untuk transfer dalam masalah pembayar harus lebih bisa lengkap. Jadi user juga mudah untuk mentransfer ke bak yang tidak memakan bayak biaya.


Pada balasan di email user juga harus jelas dalam pemberian informasi. Pada istana bayi ini no rekeningnya belum di sertakan, harus menunggu konfirmasi dari admin. Jadi membuat user harus menunggu. Selain itu informasi untuk pengiriman juga harus jeas, berapa hari pengiriman dan menggunakan apa.

Costumer

User costumer adalah user yang sudah menjadi langganan dari situs tersebut. Dan di harapkan user costumer yang akan menjadi media promosi untuk situs tersebut, karena user tersebut telah menggunakan produk yang telah di pesan.

untuk user costumer yang harus di perhatikan adalah adanya keuntungan bagi user tersebut pada saat user sudah menjadi langganan. Pada situs istana bayi ini belum di jelaskan secara detail pada saat sudah menjadi member apa yang user dapatkan. Tetapi di situs ini sudah di sediakan testimoni untuk user memberikan saran kritiknya untuk situs ini. Sehingga membantu dalam user yang lain memutuskan apakan situs ini bagus atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar